Langsung ke konten utama

Cara Membangun Musala di Rumah


Salat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi seorang muslim. Di mana pun berada, rukun Islam kedua itu tak boleh ditinggalkan temasuk ketika berada di rumah.

Oleh sebab itu keberadaan ruang khusus ibadah di dalam rumah menjadi keharusan bagi penghuni muslim agar kewajibannya tersebut tidak terlewatkan.

Ada berbagai alasan kenapa ruang salat itu mesti dihadirkan di rumah. Dengan disediakannya ruang salat di dalam hunian maka penghuni dapat menjalankan ibadahnya tersebut dengan tenang.

Khususnya bagi yang sudah berkeluarga, ruang salat ini menjadi sangat penting untuk menggelar salat berjamaah bersama anggota keluarga lainnya.

Di samping itu, ketika ada tamu bertandang ke rumah maka tak perlu repot-repot penghuni untuk menyediakan tempat salat bagi mereka.

Idealnya ruang ibadah ini tidak hanya diperuntukan untuk kegiatan salat lima waktu, tetapi mewadahi ibadah lainnya seperti membaca Al Quran. Apalagi di Ramadan ini intensitas ibadah akan semakin meningkat di banding bulan-bulan biasanya.

Lantas bagaimana menghadirkan ruang salat di dalam hunian? Desainer Interior Dimas Suryono menjelaskan, hunian dengan penghuni muslim perlu dibangun area khusus untuk beribadah yaitu musala.

Alasannya tidak setiap hari penghuni atau pemilik rumah dapat beribadah ke masjid karena berbagai kesibukannya masing-masing.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait musala untuk hunian ini. Dimas mengatakan, bagi penghuni yang hendak menghadirkan musala di dalam rumah maka idealnya ruang salat tersebut berada di zona publik. Tujuannya agar ruang salat tersebut dapat diakses oleh semua anggota keluarga.

Jadi apabila ada tamu yang juga ingin menjalankan ibadah salat bisa menggunakan atau memanfaatkan area tersebut,” ujarnya.

Setelah itu, tambah Dimas, selanjutnya penghuni harus pula memperhatikan besaran area musala. Menurut desainer interior pemilik studio Imanoo itu besaran area musala yang cukup untuk melaksanakan ibadah secara berjamaah paling tidak memiliki dua shaf atau dua barisan salat.

Besaran tersebut merupakan besaran minimal untuk mengakomodasi salat berjamaah,” ujarnya.

Jika ruang hunian terbatas, maka penghuni dapat pula memanfaatkan ruang lain sebagai area salat. Terkait hal ini, Dimas mengatakan, area tersebut baiknya memiliki tingkat kebisingan yang rendah seperti ruang kerja atau perpustakaan. Hal itu dimaksudkan agar mendukung kekhusyukan salat.

Meskipun demikian sejatinya bukan hanya di dalam hunian, ruang salat atau musala pun dapat dibangun di area luar rumah. Dimas menjelaskan, mengenai hal ini penerapan ruang terbuka untuk musala dapat diterapkan apabila area rumah luas. Penghuni, imbuh Dimas, dapat membangun musala di area taman belakang atau bahkan di samping hunian bila lahan mencukupi.

Kemudian, jangan sampai dilupakan area khusus beribadah harus dibuat berbeda dengan ruang lainnya. Dimas mengatakan, ruang musala harus didekorasi secantik mungkin untuk menonjolkan identitasnya sebagai tempat beribadah. Sehubungan dengan itu, Dimas menyarankan kepada penghuni untuk menggunakan atribut bernuansa keislaman. Secara harfiah dekorasi itu berupa bingkai-bingkai kaligrafi ayat suci Al Quran di dalam ruang musala.

Atau bisa juga menggunakan aksesoris yang lebih berbau urban kontemporer. Gayanya bisa mengambil kiblat Timur Tengah atau pun dapat disesuaikan dengan adat tradisi keislaman Indonesia.

Adapun untuk pencahayaan ruang salat, Dimas menganjurkan baiknya supaya lebih mudah menggunakan dimmer lampu, alat pengatur cahaya lampu. Lewat cara itu penghuni dapat mengatur tingkat cahaya di dalam ruangan. “Jika ingin fokus berdoa maka [lampu] bisa ditemaramkan, tetapi jika ingin fokus membaca Al Quran lampu dapat diterangkan.”

Terkait kegiatan membaca Al Quran ini, imbuh Dimas, sebaiknya kitab suci tersebut diletakkan di area yang steril dan terjaga. Dalam hal ini, penghuni dapat menaruh kitab suci tersebut di dalam kabinet dan diletakkan di jajaran tertinggi dibanding benda lainnya.

Sedangkan untuk penyimpanan peralatan salat penghuni dapat menggabungkan dengan tempat penyimpanan kitab. Sedangkan posisinya, dapat diletakkan di rak bawahnya. Agar semakin mempercantik musala hunian, Dimas menyarankan kepada penghuni untuk menghadirkan furnitur bergaya Maroko di dalam ruang musalanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Dijual Murah Harga Dibawah 200 Juta

Di era yang modern  ini masih banyak orang yang belum memiliki hunian sendiri. Banyak sekali faktor-faktor yang menghambat hal tersebut. Salah satunya adalah masalah faktor keuangan yang minim. Padahal dengan memiliki rumah sendiri pastinya membuat hidup menjadi indah dan damai. Bukan suatu hal yang sulit dan mustahil lagi untuk bisa memiliki rumah sendiri seperti yang didambakan. Bahkan dengan harga di bawah 200 juta sekalipun Anda sudah bisa mendapatkan rumah yang Anda inginkan. Bukankah hal itu adalah tawaran yang menggiurkan bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang dibawah 200 juta Anda akan segera bisa menempati hunian Anda sendiri.
Rumah Dijual Murah Dengan 4 Kamar Tidur
Fasilitas rumah yang lengkap tentunya adalah hal yang banyak dicari. Dengan fasilitas rumah yang lengkap tidak akan menghambat aktivitas Anda. selain itu Anda juga akan merasa nyaman berada dirumah Anda sendiri. Rumah bukan hanya sebagai tempat kita untuk beristirahat saja, namun rumah juga adalah tempat kita untuk …

Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran

Jika biasanya kamu mengaplikasikan makeup natural di Hari Raya, kini waktunya tampil beda dan lebih berani!
L’OrĂ©al Paris memberikan tips mengeksplorasi lebih dalam warna-warna trendi dengan mencoba inspirasi #MyMagiqueLook dalam pilihan gaya “Radiant Edgy Look” atau “Radiant Charming Look” dan tinggal pilih mana yang kamu suka.
Kedua gaya tersebut akan mempercantik penampilan di acara khusus hingga perayaan besar Hari Raya Idul Fitri yang segera datang.
Intinya fokuskan kecantikan kamu lewat permainan lipstik warna Bright and Bold. Tunjukkan tampilan lebih fresh, fashionable, dan elegan. • Cushion Foundation pada kulit wajah untuk hasil akhir riasan silky matte yang flawless. • Riasan bagian mata,  pilih warna natural agar mata tetap terlihat fresh. • Oleskan Mascara yang akan membuat mata lebih ekspresif. • Dengan warna lipstik yang cerah dari akan memaksimalkan riasan kamu untuk tampil lebih fresh dan elegan di perayaan besar
Kamu yang senang tampil beda bisa memilih warna dalam nuansa Darkly Sexy.…

Pemerintah Fokus Undang-undang Pemajuan Kebudayaan

Terdapat 10 objek yang menjadi fokus Undang-undang Pemajuan Kebudayaan yaitu tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional. Objek-objek tersebut berpotensi untuk dikembangkan.
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, saat ini Indonesia memiliki ribuan bahkan ratusan ribu objek kebudayaan.
Jika sekarang ini kita lihat jumlah suku bangsa di Indonesia dan kemudian masing-masing dibuatkan matriksnya ada gambaran tentang kompleksitas. Sebab, setiap objek ini masih bisa diturunkan,” tambahnya.
Oleh karena itulah, imbuhnya, dibutuhkan strategi kebudayaan yang mampu menjawab, memelihara, dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaan. Dia mengungkapkan, kini pihak Ditjen sendiri tengah merancang induk pemajuan yang akan melibatan kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional.
Dari strategi kebudayaan itu dapat disusun perencanaan induk permajuan dan semua yang direncanakan di awa…