Langsung ke konten utama

Cara Menghindari Pekerjaan Sering ditunda


Menunda pekerjaan merupakan hal yang tak dapat dihindari dalam dunia pekerjaan. Lantaran beragam alasan, pekerjaan sering ditunda.

Kita mungkin berpikir bahwa menunda merupakan masalah personal, akan tetapi kenyataannya, penundaan juga menghabiskan biaya bisnis yang kehilangan produktivitas dan keuntungannya.  Laporan pada 2012 menunjukkan bagaimana bisnis menderita kerugian rata-rata $10,396 tiap tahun, per pegawai yang secara rutin suka menunda.   

Agar tidak terjebak pada hal negatif tersebut berikut delapan gebrakan produktivitas yang akan mengembalikan Anda ke jalur yang benar versi Jobstreet:

Mulailah Hari dengan Benar

Bagaimana caranya? Tidurlah dengan cukup dan bangun pagi. Kenapa? Bangun pagi secara langsung membuat Anda lebih santai dan produktif mengetahui bahwa Anda memiliki sehari penuh di depan Anda. Sebaliknya, ketika kita bangun siang, kita akan cenderung merasa bersalah dan tertekan, bergegas untuk mengejar hari.

Ubahlah Lingkungan Kerja Anda

Sebisa mungkin pilihlah sebuah lingkungan kerja yang terasa paling produktif untuk Anda. Jika tempat kerja Anda terlalu mengganggu, tanyakan pada bos Anda apakah Anda bisa bekerja dari sebuah kafe yang sunyi untuk beberapa jam.

Sebuah lingkungan kerja yang kondusif memungkinkan kita untuk fokus lebih baik dan tetap produktif untuk periode waktu yang lebih lama jika dibandingkan ketika Anda akan terganggu terus menerus oleh rekan kerja Anda atau terbawa pada percakapan tertentu.

Lacak Kemajuan Anda

Adanya sebuah daftar kemajuan dari hari ke hari untuk mengetahui kinerja Anda sehari-hari.

Memeriksa kotak itu sederhana akan tetapi cara yang efektif untuk tetap termotivasi dan mendapatkan rasa pencapaian adalah dengan menjaga apa yang telah Anda capai di hari itu.

Tentukan Kemajuan yang Realistis

Bagilah tugas  Anda menjadi beberapa rangkaian target kecil tetapi realistis yang didapatkan dengan mudah di hari tersebut.

Tujuan yang tidak realistis cenderung menjadi terlalu membebani yang mana membuat kita merasa takut  gagal. Dengan demikian, hal ini akan berakhir pada penundaan dan anggapan bahwa kita bisa menyelesaikannya nanti.

Bekerja dalam Jangka Waktu yang Singkat

Teknik “Podomoro” terbukti menjadi suatu metode manajemen waktu yang efektif dengan bekerja selama 25 menit kemudian beristirahat 5 menit. Setelah menerapkan teknik “Podomoro” keempat, Anda akan membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama (misalnya 30 menit) sebelum memulai bekerja kembali.

Dengan menanamkan rasa urgensi dalam batas waktu 25 menit, Anda akan lebih fokus apalagi dengan mengetahui bahwa Anda akan mendapatkan waktu istirahat singkat di akhir periode tersebut. Batas waktu buatan ini juga berhasil dengan menyebabkan adanya tekanan dikarenakan Anda mengetahui bahwa Anda hanya memiliki batas waktu tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.

Berilah Penghargaan pada Diri Anda Sendiri

Berikan penghargaan pada diri Anda sendiri karena telah menyelesaikan pekerjaan yang sudah Anda tunda beberapa waktu.

Insentif akan memotivasi Anda dengan lebih besar untuk melakukan suatu pekerjaan dan menyelesaikannya.

Jangan Terlalu Memikirkan Sesuatu

Lain kali ketika Anda menemukan diri Anda sendiri beralasan untuk menyelesaikan pekerjaan yang Anda tunda, ingatkan diri Anda sendiri bahwa semakin cepat Anda menyelesaikannya, semakin cepat Anda dapat menarik nafas lega.

Menganalisa sesuatu dengan berlebihan adalah salah satu alasan penundaan. Ketika kita berusaha mendapatkan rencana yang sempurna, atau kita terus mengubah pikiran kita akan bagaimana cara suatu pekerjaan sebaiknya dilakukan, kita berakhir dengan terjebak dalam suatu kebiasaan, tidak mampu untuk maju. Penting untuk Anda ingat bahwa kesempurnaan adalah ilusi. Apa yang sempurna untuk seseorang mungkin tidak akan dipandang sama oleh orang lain.

Tetaplah Sehat

Luangkan waktu untuk berolahraga 2 atau 3 hari seminggu tidaklah banyak, akan tetapi Anda akan merasakan efeknya sepanjang waktu.

Mungkin terlihat ganjil untuk menghubungkan kesehatan fisik dengan menjadi produktif, akan tetapi berolahraga secara rutin membuat kita merasa lebih energik, lebih bahagia, dan lebih sehat, yang berarti juga meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

Hilangkan pola pikir penunda Anda dengan melakukan gebrakan-gebrakan di atas. Anda akan merasakan suatu rasa kepuasan diri sendiri yang lebih besar dan mendapatkan yang terbaik di hari Anda. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Dijual Murah Harga Dibawah 200 Juta

Di era yang modern  ini masih banyak orang yang belum memiliki hunian sendiri. Banyak sekali faktor-faktor yang menghambat hal tersebut. Salah satunya adalah masalah faktor keuangan yang minim. Padahal dengan memiliki rumah sendiri pastinya membuat hidup menjadi indah dan damai. Bukan suatu hal yang sulit dan mustahil lagi untuk bisa memiliki rumah sendiri seperti yang didambakan. Bahkan dengan harga di bawah 200 juta sekalipun Anda sudah bisa mendapatkan rumah yang Anda inginkan. Bukankah hal itu adalah tawaran yang menggiurkan bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang dibawah 200 juta Anda akan segera bisa menempati hunian Anda sendiri.
Rumah Dijual Murah Dengan 4 Kamar Tidur
Fasilitas rumah yang lengkap tentunya adalah hal yang banyak dicari. Dengan fasilitas rumah yang lengkap tidak akan menghambat aktivitas Anda. selain itu Anda juga akan merasa nyaman berada dirumah Anda sendiri. Rumah bukan hanya sebagai tempat kita untuk beristirahat saja, namun rumah juga adalah tempat kita untuk …

Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran

Jika biasanya kamu mengaplikasikan makeup natural di Hari Raya, kini waktunya tampil beda dan lebih berani!
L’OrĂ©al Paris memberikan tips mengeksplorasi lebih dalam warna-warna trendi dengan mencoba inspirasi #MyMagiqueLook dalam pilihan gaya “Radiant Edgy Look” atau “Radiant Charming Look” dan tinggal pilih mana yang kamu suka.
Kedua gaya tersebut akan mempercantik penampilan di acara khusus hingga perayaan besar Hari Raya Idul Fitri yang segera datang.
Intinya fokuskan kecantikan kamu lewat permainan lipstik warna Bright and Bold. Tunjukkan tampilan lebih fresh, fashionable, dan elegan. • Cushion Foundation pada kulit wajah untuk hasil akhir riasan silky matte yang flawless. • Riasan bagian mata,  pilih warna natural agar mata tetap terlihat fresh. • Oleskan Mascara yang akan membuat mata lebih ekspresif. • Dengan warna lipstik yang cerah dari akan memaksimalkan riasan kamu untuk tampil lebih fresh dan elegan di perayaan besar
Kamu yang senang tampil beda bisa memilih warna dalam nuansa Darkly Sexy.…

Pemerintah Fokus Undang-undang Pemajuan Kebudayaan

Terdapat 10 objek yang menjadi fokus Undang-undang Pemajuan Kebudayaan yaitu tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional. Objek-objek tersebut berpotensi untuk dikembangkan.
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, saat ini Indonesia memiliki ribuan bahkan ratusan ribu objek kebudayaan.
Jika sekarang ini kita lihat jumlah suku bangsa di Indonesia dan kemudian masing-masing dibuatkan matriksnya ada gambaran tentang kompleksitas. Sebab, setiap objek ini masih bisa diturunkan,” tambahnya.
Oleh karena itulah, imbuhnya, dibutuhkan strategi kebudayaan yang mampu menjawab, memelihara, dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaan. Dia mengungkapkan, kini pihak Ditjen sendiri tengah merancang induk pemajuan yang akan melibatan kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional.
Dari strategi kebudayaan itu dapat disusun perencanaan induk permajuan dan semua yang direncanakan di awa…